9 Fakta Hewan yang Jarang Diketahui

Monday, February 8, 2016

Alam punya begitu banyak keajaiban yang selalu berhasil membuat kita takjub. Setiap makhluk hidup di dalamnya saling membutuhkan untuk menciptakan keseimbangan alam dan agar semua makhluk tetap bisa bertahan hidup.

Ada begitu banyak keajaiban dan informasi unik tentang alam yang belum ditemukan. Tapi ada juga beberapa fakta yang sudah ditemukan, hanya saja kebanyakan dari kita belum mengetahuinya. Nah, boombastis kali ini mengajakmu menyimak beberapa fakta unik tentang binatang yang ada di bumi.

1. Di China Ada Salamander Super Panjang

Salamander umumnya berukurang antara 10 hingga 20 cm. Tapi di China, amfibi ini bisa tumbuh hingga sepanjang 1,8 meter! Binatang ini mengeluarkan semacam zat yang baunya seperti lada. Selain itu, mereka juga punya kulit ekstra yang sangat lebar. Fungsinya adalah agar mereka bisa menyerap oksigen dengan lebih efisien karena mereka menyerap oksigen dari kulit! Keren, bukan?
Salamander Raksasa di China [Image Source]

2. Ikan Transparan

Seorang pria begitu terkejut menemukan ikan transparan saat memancing bersama anaknya. Tapi, tahukah kamu bahwa ikan ini sebenarnya umum dijumpai? Ikan ini bernama salp dan mereka hampir bisa ditemui di laut manapun, tapi mereka paling banyak ditemudi di sekitar Antartika.
Salp, Ikan Transparan [Image Source]
Binatang ini berenang dekat di permukaan laut dan menyaring plankton serta bakteri melalui tubuh mereka sebagai makanan. Mereka saling terkait satu sama lain dan berbentuk memanjang. Yang lebih keren lagi, mereka membantu menyaring karbon dioksida dari lingkungan menekan efek global warming.

3. Banteng Legenda

Pada tahun 1979, lahirlah seekor banteng yang melegenda. Banteng bernama Starbuck ini memiliki berat 1.170 kilogram. Tidak hanya itu saja, banteng ini dikabarkan sangat tampan dan merupakan spesimen terbaik sehingga spermanya dijual hingga total 25 juta dolar selama beberapa tahun.
Starbuck, Banteng Terbaik [Image Source]
Banteng yang melegenda ini meninggal dunia pada tahun 1998. Namun berkat spermanya, ia sudah memiliki hingga lebih dari 200.000 keturunan dan gennya sudah dikloning hingga lebih dari satu kali.

4. Jaring Laba-laba Super Kuat

Laba-laba Darwin’s bark tinggal di Madagascar dan dikenal memiliki jaring laba-laba yang super kuat. Jaring mereka merupakan material biologis terkuat yang pernah dikenal manusia. Jaring yang mereka buat bahkan lebih kuat dari kevlar, bahan yang digunakan untuk membuat rompi anti peluru.
Darwin's bark v
Laba-laba jenis ini pernah didokumentasikan menjalin jaring mereka hingga sebesar 2 buah bis kota. Kamu tidak akan pernah mau tersangkut di jaring mereka, jadi perhatikan jalanmu saat menjelajah hutan. Mereka juga punya kebiasaan membungkus dua serangga mangsanya jadi satu.

5. Laba-laba Makan Ular

Kita sering mendengar kabar tentang hewan-hewan menyeramkan yang tinggal di Australia. Nah, salah satunya adalah laba-laba orb. Laba-laba jenis ini makan ular! Yang lebih mengerikan lagi, ular tersebut masih hidup saat si laba-laba mulai mengunyahnya! Dan bagian tubuh yang dimakan ular berubah warna menjadi hitam dan dari dalamnya keluar gelembung-gelembung. Hiii…
Laba-laba Makan Ular [Image Source]

6. Katak Horor

Katak yang satu ini sangat berbeda dengan katak lainnya. Ia punya rambut di tubuhnya, tidak seperti kebanyakan katak lainnya. Yang membuat horor adalah, katak ini punya sistem pertahanan yang cukup seram sekaligus keren.
Katak Horor [Image Source]
Ia akan dengan sengaja mematahkan tulang kakinya kemudian memaksa tulang patah yang tajam tersebut untuk menembus dagingnya sendiri sebagai alat pertahanan saat ia merasakan bahaya. Tapi jangan khawatir, tubuh katak ini mampu menyembuhkan dirinya sendiri. Meskipun begitu, tetap saja binatang mungil ini punya cara yang ekstrim untuk mempertahankan diri.

7. Katak yang Membeku

Biasanya, saat makhluk hidup membeku, tentu ia akan mati bukan? Tapi tidak dengan katak yang satu ini. Saat musim dingin tiba, mereka mampu membekukan tubuh mereka dan saat musim semi datang, mereka akan mencair dan kembali beraktifitas seperti biasa seolah tidak terjadi apa-apa.
Katak Membeku [Image Source]
Bagaimana bisa binatang ini tetap hidup setelah membeku? Mereka akan mengumpulkan urea di lapisan kulit mereka, mengubah glycogen menjadi glukosa di dalam hati untuk mengurangi jumlah es yang terbentuk, dan mengurangi penyusutan sel. Keren!

8. Babi Berbulu

Tidak banyak orang yang pernah menjumpai babi berbulu karena umumnya babi memang tidak memiliki bulu-bulu. Yah, kecuali babi yang berjenis Mangalitsa ini. Babi asal Hungaria ini adalah hasil persilangan dari babi Hungaria jenis Bakonyi dan Szalontai yang digabungkan dengan babi Sumadia dari Serbia. Hasilnya, babi berbulu seperti domba.
Mangalitsa, Babi Berbulu [Image Source]

9. Seberapa Besarkah Paus Biru?

Oke, kita tahu paus biru adalah binatang yang sangat besar. Bahkan merupakan makhluk terbesar yang ada di bumi. Tapi seberapa besar sih? Untuk memudahkan perspektifmu, lidah paus biru ternyata seberat gajah dewasa. Itu baru lidahnya saja. Bisa kamu bayangkan seberapa besar paus biru tersebut?
Paus Biru [Image Source]
Itu tadi beberapa binatang yang punya beberapa keunikan yang mungkin belum pernah kamu ketahui sebelumnya. Tapi, bumi adalah tempat yang sangat luas dan penuh misteri. Masih banyak lagi keunikan yang ada di alam ini yang menunggu untuk ditemukan.
 
Nonton Anime Baca Komik Short Url Forum Indo Manga